Thursday, October 19, 2006


MYSTERY OF THE LAST SUPPER
Ini merupakan salah satu lukisan Leonardo yang paling terkenal dan kontroversial. Langsung saja kita akan membahas pesan-pesan yang ingin disampaikan sang Pelukis dalam karya tersebut. Pertama-tama, tidak seperti riwayat dalam Injil, kita tidak melihat tema utama lukisan tersebut, yaitu sebuah cawan (grail) untuk memuat anggur, yang nantinya digunakan Joseph Arimatrea untuk menyimpan darah Yesus saat disalib. Yang ada adalah seseorang di samping Yesus, yang kerap diduga sebagai rasul Yohannes, padahal jelas sekali apabila ia adalah seorang wanita. Pakaian yang dikenakannya kontras denga Yesus dan posisinya membentuk huruf “M” untuk Maria Magdalena dan “V” untuk Vagina, kiasan untuk “cawan” yang menampung darah Yesus.

Kita juga dapat melihat tangan tanpa pemilik yang memegang pisau, sebagai kiasan ancaman terhadap pemegang “cawan suci”. Juga tampak rasul Petrus dalam posisi mengancam Maria Magdalena. Sesuai dengan riwaat bahwa rasul yang satu ini agak alergi dengan Wanita. Ia cemburu karena posisi utamanya sebagai pengikut utama Yesus tersaingi oleh seorang wanita “jalang” bernama maria Magdalena.

1 Comments:

Blogger Unknown said...

dalam injil tidak pernah dikatakan bahwa darah yesus ditampung oleh siapapun, tolong baca dahulu karena saya yakin anda pasti belum pernah membacanya

7:24 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home