Thursday, October 19, 2006


THE CATHARS

Fakta ini tidak dimuat dalam buku-buku sejarah SMP dan SMU. Suatu noda hitam besar dalam sejarah Eropa selain holocaust Nazi dan revolusi Bolshevik, Yaitu pembantaian kaum Cathar. Kaum ini disebut juga sbagai kaum Albigensian, sehingga perang suci yang nantinya akan dilakukan terhadap mereka dikenal sebagai perang salib Albigensian. Mereka adalah kaum Kristen yang terpengaruh dengan ajaran gnostik di awal abad kedua dan ketiga. Menurut mereka, Yesus bukanlah Tuhan, melainkan malaikat yang mengambil wujud manusia dalam memiliki misi untuk melawan Tuhan kejahatan, Yesus diyakini tidak pernah mati di tiang salib. Mereka mencoba menjalankan kehidupan murni yang asketis dan cinta damai. Bahkan penduduk (Katolik) Prancis selatan saat itu merasa kagum dengan perilaku mereka, sehingga otoritas Gereja Katolik merasa cemburu dan tersaingi.

Otoritas Gereja tidak menyukai gerakan Cathar ini, dan untuk membuang “kanker” ini sebelum menyebar, dipilihlah opsi “Pedang” ! Pada tanggal 17 November 1207, Paus Innocent III menyurati raja Phillip Augustus (Penguasa Prancis) yang isinya permintaan bantuan untuk menghabisi kaum Cathar tersebut. Kali ini dua kekuatan raksasa, kepausan dan Raja bersatu untuk menghabisi kaum pecinta damai yang tak bersenjata ini. Untungnya penguasa lokal Prancis selatan (Pangeran Raymund VI dan Roger) beserta penduduk Katolik di sana tidak mau begitu saja mendukung perintah Paus tersebut.

Dimulailah teror tersebut, pasukan Paus (Inquisitor) dipimpin oleh Arnauld-Amalric menyerang kota Cathar Beziers dan membantai seluruh penduduknya. Ketika seorang pasukannya bertanya bagaimana cara membedakan sesama orang Katolik dengan Cathar, Amalric menjawab,”Bunuh saja semuanya, Tuhan akan tahu dengan sendirinya…”. Pembantaian ini kemudian dipimpin Simon de Montfort. Seseorang yang namanya masih meninggalkan kejijikan dan kebencian bahkan hingga saat ini di beberapa daerah Perancis Selatan. Diperkirakan 100.000 orang tewas dalam pembantaian ini. Suatu pembantaian yang dihasilkan oleh kecemburuan Paus… Pada tahun 1244, pertahanan terakhir kaum Cathar di Montseguer hancur. Hilanglah kaum Cathar dari sejarah…

1 Comments:

Blogger Unknown said...

dalam injil tidak pernah dikatakan bahwa darah yesus ditampung, coba saudara baca karena saya yakin anda pasti tidak pernah membacanya.

7:20 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home